Rabu, 23 Januari 2013

CERITA DI BALIK LAGU NINA BOBO


Legenda Lagu Nina Bobo

"Nina bobo.. ooh Nina bobo.. Kalau tidak bobo digigit nyamuk.."

Apal kan sama lagu itu? iya hampir semua orang di Indonesia kenal sama lagu pengantar tidur ini.. Kalau waktu kecil dulu kita bandel, rewel ga mau tidur, biasanya mama kita nyanyiin lagu ini sambil puk-puk pantat kita.. :D

Tapi siapa sangka, dibalik asal usul lagu paling terkenal sejagat Indonesia ini, ada secuil kisah horor yang melatarinya..

Mau tau? Begini ceritanya.. ( kok jadi mirip acara misteri jaman dulu yak, ketauan banget gue tuanya -__- )

Dulu semasa penjajahan belanda, ada seorang Kapten bernama Van Rodjnik, si Kapten Van Rodjnik ini menikahi penduduk lokal asal jawa, seorang penari bernama Mustika..

Singkat cerita, dari pernikahan mereka, pada tahun 1871 lahirlah seorang anak perempuan yang dinamai Helenina Mustika Van Rodjnik. Sedari si Helenina ini masih bayi, sang ibu selalu menidurkannya dengan menyanyikan sebuah melodi penenang.
Kapten Van Rodjnik meminta bu Mustika membuat lirik dari melodi itu supaya dia bisa mengerti. Karena di rumah mereka banyak nyamuk, akhirnya terciptalah lagu Nina Bobo yang kita kenal sekarang.

Malang nian, pada tahun 1875, Nina terserang demam yang membuatnya menangis setiap malam. Dia menangis sampai kejang-kejang. Sang ibu pun setia tiap malam menenangkannya dengan menyanyikan lagu nina bobo.
Akhirnya pada tahun 1878, Nina nggak terselamatkan lagi. Dia akhirnya dimakamkan. Kapten Van Rodjnik meratapi kepergian putrinya ini.

Suatu malam, sekitar seminggu setelah Nina dimakamkan, Kapten Van Rodjnik mendengar Bu Mustika nyanyi lagu Nina Bobo di kamar mandi. Suaranya Menggema. "kenapa ma?" tanya Kapten Van Rodjnik. "tadi saya dengar Nina nangis di sini, jadi saya nyanyi di sini".
Bu Mustika masih sering menyanyikan lagu nina bobo bertahun-tahun setelah kepergian Nina. Kapten Van Rodjnik akhirnya memutuskan pensiun untuk menghibur istrinya itu.

Bu Mustika meninggal di tahun 1929, tinggallah sang kapten sendirian di rumah itu. Kadangkala, terdengar suara anak kecil menangis di malam hari..
Suatu malam, Kapten Van Rodjnik tertidur lebih awal lantaran lelah.. ada suara anak menangis, namun tidak dipedulikannya.. 
Sampai akhirnya terbangunlah ia karena merasa badannya digoncang-goncangkan. Dibukanya matanya, ada anak kecil berumur 6-7 tahun yang berada di dekatnya. Menatap Kapten Van Rodjnik, anak kecil tadi berkata ; "kok papa nggak nyanyi buat Nina?"

iya , begitulah sepenggal cerita di balik lagu pengantar tidur kita semasa kecil. Menurut legenda, hantunya Nina ini berwujud anak kecil, noni belanda berumur 6-7 tahun, tapi berwajah nenek-nenek. Kalau ada yang nyanyi lagu nina bobo, si Nina ini bakal nyamperin dan gelendotan di bahu yang nyanyi..

Percaya atau nggak, ya tergantung kamu.. coba aja nyanyi lagu nina bobo depan cermin 2-3 kali malem-malem.. siapa tau orangnya dateng.. kalo dateng, potoin trus tunjukin gue ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar